Studi Lapangan Bersama Sie 5A REKAJESA di Wisata Edukasi Pusat Penelitian Kopi Kakao Jember (Kebun Renteng)

Pada Minggu 3 Maret 2024, anggota TABILLA melaksanakan salah satu program kerjanya yakni Studi Lapangan. Di kegiatan kali ini kami tidak sendiri, Ekstrakurikuler REKAJESA juga ikut dalam kegiatan ini. Studi Lapangan tahun ini diadakan di pusat penelitian kopi dan kakao atau biasa disebut Kebun Renteng yang terletak di Jenggawah –Jember, Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kekompakan antar sesama anggota TABILLA maupun dengan anggota REKAJESA.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Pembina TABILLA, perwakilan OSIS dan MPK, serta pelatih dari tiap ekstrakurikuler. Para anggota TABILLA dan REKAJESA nampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kakak beradik ini.

Pembertian Materi Oleh Pemandu

Meski kegiatan kali ini terkesan seperti sedang liburan, tapi anggota TABILLA dan REKAJESA tetap diberikan tugas untuk kegiatan ini. Kami TABILLA diberi tugas untuk mendokumentasikan dan meningkatkan skill di bidang masing-masing. Seperti reporter yang ditugasi untuk mereportase, para redaktur yang mencatat aktivitas, dan tim sosial media yang mempublikasikan kegiatan kali ini. Sedangkan para anggota REKAJESA diberi tugas untuk membuat essai terkait kegiatan ini. Sehingga mengharuskan mereka untuk mewawancarai petugas kebun ini dan mencatatnya dengan baik.

Dalam kegiatan ini juga diadakan beberapa games yang menarik. Sebelumnya, para panitia dari ekstrakurikuler REKAJESA sudah memberikan tugas pada anggotanya untuk membawa bekal mi instan yang akan dinilai keunikannya. Pada saat jam istirahat, para anggota REKAJESA menunjukkan bekal yang sudah mereka siapkan dan dinilai oleh para panitia.

Setelah agenda makan-makan, panitia REKAJESA mengadakan kuis. Pertanyaan kuisnya tidak jauh seputar apa yang sudah didapatkan tadi selama mengelilingi Kebun Renteng. Para anggota REKAJESA dan TABILLA antusias untuk berebut menjawab pertanyaan yang disebutkan. Setelah diadakan kuis, kami lanjutkan dengan permainan “Carilah pasangan dan buatlah aku.” Dalam permainan ini kita diharuskan mencari pasangan untuk membuat bentuk yang akan disebutkan oleh panitia. Misalkan seperti tiga orang membuat lampu merah, dua orang membuat pohon dan lain sebagainya. Setelah mendapatkan beberapa juara, para panitia pun langsung mengumumkan pemenang dari games tadi.

Selesai dengan kegiatan games, kami kembali ke titik awal dengan menaiki kereta kayu untuk apel penutupan. Sebelum apel, kami menyempatkan untuk membeli oleh-oleh khas Kebun Renteng. Tiba di penghujung acara, apel penutupan dilakukan bersama pembina dan para panitia kegiatan ini. Dengan ini, berakhirlah kegiatan studi lapangan kami di Kebun Renteng.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *